Ganti Judul dan ALt sendiri

8 Manfaat Bermain Lego untuk Anak hingga Orang Dewasa

8 manfaat bermain lego untuk anak hingga dewasa

Lego menjadi permainan yang paling banyak disukai modern ini. Di balik keseruannya, ada banyak manfaat bermain lego yang bisa diperoleh bagi anak-anak maupun orang dewasa. 

The Lego Group yang merupakan perusahaan mainan Lego sendiri pernah hampir bangkrut pada awal 2000-an. Namun, perusahaan ini justru bangkit terutama di tengah persaingan dengan permainan video games. 

Terkenal sebagai mainan yang cukup mahal, seperti apa manfaatnya untuk anak-anak dan orang dewasa? 

8 Manfaat Bermain Lego bagi Semua Kalangan 

Lego adalah jenis mainan berbentuk balok yang dapat disusun dengan warna-warni menarik. Pada perkembangannya, lego bukan sekedar balok, tetapi ketika disusun bisa memiliki gambar karakter tertentu. 

Banyak kalangan yang menyukai permainan ini, bahkan sebagian besar orang tua selalu membelikan lego sebagai mainan untuk anak mereka. Berikut ini apa manfaat bermain lego yang akan dirasakan:

1. Melatih Keterampilan Motorik Halus 

Bagi anak-anak, cara main lego yaitu dengan menyusun satu balok dengan balok lainnya mengandalkan kekuatan jari tangan. Berkat latihan inilah, keterampilan motorik halus anak akan terlatih. 

Anak bisa menggerakkan jari-jari mereka untuk menyusun balok sampai rapi dan menciptakan bentuk tertentu. 

2. Menjaga Kesehatan Mental 

Bagi orang dewasa, bermain lego bisa menjaga kesehatan mental terutama dari stres. Biasanya, jenis lego yang dipilih berukuran kecil, sehingga akan membuat konsentrasi yang tinggi. 

Aktivitas menyusun lego dapat membuat kita melupakan sejenak permasalahan yang ada. Otak pun akan merasa rileks selama bermain lego, dan ketika selesai menyusun akan muncul rasa kepuasan tersendiri. 

3. Meningkatkan Kreativitas 

Manfaat bermain lego pada anak juga berhubungan dengan kreativitasnya. Kebanyakan anak-anak lebih cocok bermain lego bentuk balok klasik yang bisa disusun menjadi bentuk apa saja. 

Anak-anak bisa mengeluarkan kreativitasnya untuk membentuk bangunan, alat transportasi sesuai dengan imajinasi mereka. Bahkan mereka tidak perlu takut gagal karena balok lego bisa disusun kembali kapan saja. 

4. Sarana Menguji Ketahanan Diri 

Orang dewasa yang memainkan lego juga bisa mengasah ketahanan diri atau fokus. Jika selama ini kita merasa kurang bisa fokus, maka cobalah untuk bermain lego. Pilih bentuk yang cukup rumit untuk bisa disusun. 

Lego dengan bentuk rumit bisa menguji kesabaran dan ketahanan diri. Kita pun akan mengetahui bagaimana cara manajemen kesabaran dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. 

5. Melatih Kerja Sama Tim 

Memainkan lego bersama teman-teman akan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Mereka bisa berkoordinasi dengan teman-teman untuk menyusun bangunan bertingkat yang tinggi atau karakter lain yang cukup besar. 

Dengan begitu, lego akan menjadi sarana untuk melatih kerja sama tim anak sejak dini. Kita pun hanya perlu mengawasi dan melihat bagaimana hasil buatan mereka. 

6. Membangun Sikap Gigih 

Lego juga sangat baik untuk melatih anak agar bisa bersikap gigih dalam bekerja. Ketika lego yang disusunnya sudah cukup tinggi dan hancur karena tersenggol sedikit, maka mereka perlu menyusun ulang dari awal. 

Kita bisa memotivasi anak agar terus mencoba menyusun kembali bangunan yang sudah mereka buat. Hal ini akan mengajarkan anak agar pantang menyerah dalam mengerjakan suatu hal. 

7. Melatih Kemampuan Memecahkan Suatu Masalah 

Menyusun lego yang rumit sama halnya dengan mengerjakan rangkaian puzzle yang kecil. Sebagai orang dewasa, menyusun lego juga bisa melatih kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah. 

Keterampilan ini sangat dibutuhkan untuk bisa membantu mengambil suatu keputusan dalam hal-hal yang penting. Berkat bermain lego, kita pun bisa mengerjakan pekerjaan yang kompleks. 

8. Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak 

Lego juga akan membantu anak untuk menjelajahi petualangan dalam menyusun balok. Meskipun hanya dilakukan di rumah, menyusun lego bisa membantu meningkatkan kepercayaan dirinya. 

Bagaimana tidak? Ketika lego mereka runtuh atau saat belum memiliki pandangan untuk menyusun bangunan apa, mereka tetap percaya diri untuk menyusunnya. Anak-anak pun nantinya akan bangga dengan apa yang sudah mereka susu dan memamerkan hasilnya kepada kita. 

Manfaat bermain lego bukan hanya diperoleh anak-anak tetapi juga kita, orang dewasa. Saat ini lego sudah menjadi pilihan mainan yang disukai di berbagai kalangan. 

Tidak masalah untuk membeli lego dan memainkannya sebagai hobi di akhir pekan. Mengoleksi susunan lego dengan karakter tertentu juga bisa menjadi hobi yang sangat menyenangkan. 


Referensi:

https://id.theasianparent.com/manfaat-bermain-lego

https://www.ruparupa.com/blog/manfaat-lego-untuk-anak/

https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/nabila-els-nur-azizah/manfaat-bermain-lego-untuk-anak-usia-dini

https://klikpsikolog.com/manfaat-bermain-lego-bagi-tumbuh-kembang-anak/

https://www.rri.co.id/hobi/748014/manfaat-permainan-lego-untuk-perkembangan-otak-anak#:~:text=Bermain%20dengan%20Lego%20seringkali%20melibatkan,yang%20penting%20dalam%20hubungan%20interpersonal.

https://www.klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-umum/manfaat-bermain-lego-untuk-orang-dewasa?srsltid=AfmBOopOEU5mNAjWRDI8wYSPSJHeMCXsDyD_ML0yLDBycxpZ4xLvG-hm44




2 komentar

  1. Bermain lego itu seru lo, apalagi mainnya bareng-bareng ma kiddos, mereka juga senang memainkannya

    BalasHapus
  2. Suka takjub sendiri kalau anak-anak lagi main lego. Kreativitas mereka jauh melampaui perkiraan kita. Namun, paling sebel kalau nggak sengaja nginjek lego karena saking berantakannya.

    BalasHapus