Ganti Judul dan ALt sendiri

Healing Seru di Taman Delonix, Taman Tersembunyi di Tipar Jakarta Timur

Taman Maju Bersama Dolonix

Ayo siapa yang suka healing dan menyukai taman hijau sebagai tempat refreshing menyegarkan tubuh. Taman Delonix bisa jadi referensi. Taman Delonix sebagai Taman indah tersembunyi di Jalan Tipar Jakarta Timur. Penasaran? Yuk kita jelajahi! 

Taman Delonix Tipar Jakarta Timur

Taman yang dibangun oleh Dinas Kehutanan DKI Jakarta dan dibuka sejak Januari 2020 tetapi diresmikan oleh Anis Baswedan (Gubernur DKI Jakarta saat itu) pada Oktober 2022. Taman Delonix beralamat lengkap di Jl. Tipar, RT.2/RW.7, Pekayon, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 

Dari sumber instagram @dkijakarta menuliskan nama Delonix diambil dari nama latin dari bunga flamboyan atau royal poinciana. Taman ini memang tersembunyi dan harus jeli memperhatikan jalanan. Taman seluas 8.000 meter persegi ini berada di Jalan Tipar, ada tanda panah dengan tulisan Taman Delonix kemudian kita turun ke bawah dan belok sedikit maka kita akan melihat gerbang menuju Taman yang memiliki kontur tanah berbukit ini. 

Memasuki gerbang kita melihat posko keamanan dan tempat parkir dan mata kita disuguhkan oleh hijaunya tanaman dan pohon. 

Fasilitas di Taman Delonix Tipar Jakarta Timur

Taman ini memang sangat menarik sebagai salah satu tempat melepas penat warga dan tamu kota. Ada beberapa space fasilitas di Taman Delonix Jakarta Timur ini yaitu

Bangku Bundar

Disisi depan area parkir ada bangku Bundar sekaligus jadi akses menuju ke toilet dan mushola. Jadi tempat duduk melingkar ini merupakan atap yang dibawahnya ada toilet dan mushola. Selain itu dari tangga juga bisa akses menuju lapangan futsal dan gym outdoor. 

Seperti yang Umma ceritakan bahwa taman ini memiliki kontur tanah berbukit jadi banyak tangga di sekeliling taman. 

Lapangan Futsal

Ini salah satu fasilitas paling luas dan bagus di Taman Delonix. Lapangan ini sangat terawat dan bisa jadi fasilitas untuk warga bermain futsal dan olahraga lainnya. 

Playground Anak

Menuju area ini dari area parkir kita ke depan menuju tangga. Kita akan menyusuri tangga yang disamping nya ada beberapa area taman penuh pohon tinggi dan rindang. Sampai akhir tangga. Ada beberapa pilihan permainan di playground anak. Uniknya playground disini memanfaatkan ban bekas sebagai sarana bermain. Mulai dari perosotan dikelilingi oleh ban bekas. Ayunan dari ban bekas, panjat tangga dan gantungan dimodifikasi dengan ban, main pasir dan merayap di ban yang tersusun. 

Jogging Track

Di pinggir lapangan futsal juga ada jogging track yang cukup panjang. Tempatnya asri karena dikelilingi oleh pohon yang hijau dan tinggi. 

Gym Outdoor

Di belakang lapangan futsal ada gym outdoor yang bisa dijadikan alternatif lain olahraga otot. Ada tiga pilihan alat gym yang bisa digunakan. 

Taman-Taman Kecil

Karena konturnya yang berbukit membuat   banyak sekali space kecil yang dijadikan taman -taman. Cantik dan hijau. 

Mushola dan Toilet

Mushola berada di bawah kursi Bundar coklat. Toilet wanita dan pria berdampingan dan di sebelahnya ada mushola. Tapi saat Umma kesana agak gelap mungkin karena tidak digunakan  Hanya toilet laki-laki yang agak terang dan lampunya agak redup. Sepertinya orang jarang kesini. 

Taman Delonix tipar

Pengalaman Umma Healing di Taman Delonix Tipar Jakarta Timur

Ya ini karena rasa penasaran anak-anak yang sering diceritakan oleh tetangga karena sering kesana. Hanya saja karena akses kesana agak sulit jika naik kendaraan umum akhirnya Umma belum ajak mereka. Sampai suatu hari setelah mereka selesai ujian PTS dan dirumah ada bala bantuan untuk mengantarkan akhirnya kita cus ke lokasi. 

Jujurly lokasi tepatnya kita belum tahu. Awalnya kita menyangka lokasi nya tidak terlalu jauh dari jalan raya Cibubur Pekayon. Ternyata cukup jauh dari jalan raya. Setelah belok lurus ke jalan tipar kita masih belum melihat tanda-tanda. Setelah 500 meter kita baru lihat papan nama bertuliskan Taman Delonix. Awalnya berpikir benarkah disini. Terus kita turun ke bawah kemudian belok. Benar ternyata ada gerbang bertuliskan Taman Delonix. Sampai akhirnya kita masuk dan benar asri, hijau dan menenangkan. Hanya teriakan anak yang bermain bola terdengar. Menurut Umma lokasi ini recomended buat ajak anak dan keluarga berlibur dan bahkan bisa sambil piknik. 

Tapi di area playground sedikit bau kotoran kambing karena disebelahnya ada yang pelihara kambing. Untuk mainan pasir Umma sarankan jangan karena ada kotoran kucing di dalam pasir. 

Sekian cerita Umma tentang Taman Delonix nanti kita bahas lagi ya cerita lainnya di Taman Indah Tersembunyi di Tipar Jakarta Timur ini ya. 


16 komentar

  1. Sebenarnya tamannya cukup luas dan lengkap ya umma fasilitasnya cuma minusnya kok banyak kotoran binatang di sana..duh sayang banget padahal kan biasanya anak2 kesana juga pengen mainan pasir juga ya...mungkin nanti bisa lebih diperhatikan oleh pihak pengelolanya

    BalasHapus
  2. Waaah lihat vibesnya kayak oke banget yaa, huhu. jadi mupeng, apalagi ambil foto2 di sana juga cakep banget sih menurutku. harus sempetin kesana nih kalo pas ke Jaktim.

    BalasHapus
  3. Meski super hati hati kalau di area bermainnya ada kotoran hewan ya...
    Tapi kalau banyak pengunjung sepertinya kebersihan area juga bakal ditingkatkan ya...
    Soalnya kenyamanan pasti diutamakan untuk taman di perkotaan itu ya

    BalasHapus
  4. bermain bersama anak di area terbuka seperti di taman Delonix bisa jadi cara untuk healing bagi ibu ya
    apalagi ada play groundnya juga pasti anak-anak betah main di sana

    BalasHapus
  5. Baca ini sambil inget-inget, hm lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan raya Cibubur Pekayon. Yang mana...wah ternyata masuk ke dalam, pantesan ga pernah tahu...ada Taman Delonix di situ. Lain waktu bisa nih main ke taman ini

    BalasHapus
  6. Eh di antara gedung-gedungnya Jakarta masih ada taman yang luas,hijau dan asri yaa... mana letaknya tersembunyi pula. Ini beneran hidden gem sih. Pasti bikin betah anak-anak.

    BalasHapus
  7. Suka banget rasanya lihat taman-taman terbuka ramah anak begini. Taman Delonix ini berarti di Jalan Tipar Pasar Rebo ya Umm. Kalau nanti ada kesempatan ke sekitar sana siapa tahu bisa mampir. Kebetulan di dekat rumah pun ada Taman Piknik yang lumayan untuk anak bermain dikelilingi tanaman dan lapangan terbuka.

    BalasHapus
  8. Tamannya luas dan asri ya, fasilitasnya juga bagus. Cuma kurang terawat saja ya sampai ada kotoran nggak dibersihkan

    BalasHapus
  9. seru juga ya mbak menjelajah taman-taman bermain di Jakarta apalagi kalau gratis bisa jadi pilihan wisata murah keluarga

    BalasHapus
  10. Lihat dari foto-fotonya, taman ini ok banget buat healing. Fasilitasnya juga lengkap tapi sayang banget ya bau tai kambing pasti ganggu banget deh

    BalasHapus
  11. Taman Delonix cukup luas yaa..
    Anak-anak yang tenaganya selalu full energy, pasti seneng banget diajakin main di taman begini. Akutu dulu juga suka banget ngajakin anak main di taman. Mereka mah, seneng exploring yaa.. emaknya bagian duduk-duduk di pinggiran aja sambil baca buku. Hehhee, freessh banget karena anginnya sepoi-sepoi.

    BalasHapus
  12. Wah ada taman tersembunyi di tengah kota ya. Hal ini pasti menyennagkan bagi penduduk yang ingin rehat dari penatnya kota.

    BalasHapus
  13. Seru banget ya tamannya, aku tuh inget Delonix, ingetnya apartemen pinggir tol di Karawang itu, ternyata ada tamannya juga di Jakarta Timur. Noted, next time bisa kesini nih bareng anak-anak

    BalasHapus
  14. Wah, Taman Delonix kayaknya tempat yang asyik banget buat healing! Taman hijau di Jakarta Timur pasti bisa jadi pelarian yang menyegarkan.

    BalasHapus
  15. Kalau gak salah di tiap wilayah Jakarta memang disediakan taman-taman semacam ini ya. Saya baru tau yang di Jakarta Timur ini nih. Dulu waktu merantau di Jakarta tinggalnya soalnya di area selatan Jakarta. Menyenangkan kalau ada taman yang bisa jadi tempat healing tanpa harus keluar duit mahal.

    BalasHapus
  16. kayaknya tamannya berbatasan dengan rumah-rumah masyarakat ya, jadi banyak kotoran hewan juga yg berserakan, padahal seru tuh kalau bisa dijaga dan anak-anak jadi gak takut eksplor taman

    BalasHapus