Ganti Judul dan ALt sendiri

Ini Penampakan Ruang Referensi di Perpustakaan Umum Kota Depok

Perpustakaan umum kota Depok

Ayo siapa yang sudah pernah ke Ruang Referensi Perpustakaan Umum Kota Depok? Umma baru kali ini masuk. Meskipun sudah berulang kali ke perpustakaan tapi nggak pernah masuk ke Ruang Referensi nya. Ternyata baru tahu fungsinya. Penasaran kan? Sini Umma spill apa aja yang ada di dalam sana. 

Ruang Referensi Perpustakaan Umum Kota Depok

Ruang referensi berada di Lantai 2 Perpustakaan Umum. Berada diantara ruang baca dan ruang layanan anak. Ruang ini sedikit kecil daripada ruangan lainnya. Terdapat beberapa rak buku yang memenuhi dinding ruangan. Ada sekitar 12 rak buku dengan berbagai buku referensi. 

Ruang referensi lebih ke ruang dokumen, ruang ensiklopedi, jurnal, direktori, buku teks dan data penting lainnya. Lebih detailnya ruang referensi adalah suatu ruangan yang didedikasikan untuk menyediakan akses kepada sumber daya referensi seperti buku teks, jurnal, ensiklopedia, direktori, dan sumber daya lainnya yang digunakan untuk membantu pengguna dalam mencari informasi yang akurat dan diperlukan.

Di tengah ruangan terdapat tiga meja bulat dengan beberapa kursi yang mengelilinginya. Berbeda dengan ruangan lainnya. Buku di ruang referensi tidak boleh dibawa keluar ruangan. Jadi harus dibaca di tempat. 

Ruang referensi perpustakaan umum kota Depok
Tampak ruang referensi perpustakaan umum kota Depok tertata rapi dan disediakan meja di tengah 

Pengalaman ke Ruang Referensi Perpustakaan Umum Kota Depok

Ya berapa kali ke Perpustakaan Depok belum pernah masuk ke Ruang Referensi. Tapi kemaren karena si bujang nanya ini rumah apa akhirnya Umma tanya deh ke petugas. Kemudian dijelaskan deh oleh petugas disana. Kebetulan ada tugas dari sekolah tentang anggota tubuh langsung deh masuk sana. 

Tapi memang harus banyak bertanya untuk mencari referensi karena akan memakan waktu jika harus mencari sendiri. Oh ya Sahabat Umma familiar kah dengan ruang referensi. Sharing ya di kolom komentar. 

10 komentar

  1. Wah tertata bagus dan rapi ya ruang referensi perpustakaan umum Depok ini, dan memang sih kalau ke ruang ini harus banyak bertanya karena akan memakan waktu jika harus mencari sendiri referensi yang kita butuhkan

    BalasHapus
  2. kalau mau masuk ruang referensi ini bisa bebas aja ya, mbak? jadi ingat nih waktu ke jakarta saya sempat main ke perpustakaan cikini yang bagus banget itu

    BalasHapus
  3. Suka banget dengan perpustakaan yang tertata rapi seperti ruang referensi perpustakaan umum Depok ini, sehingga kalau mau nyari buku jadi lebih mudah.

    BalasHapus
  4. Saya paling suka mengunjungi perpustakaan. Semasa masih di Jakarta suka ke perpus di jl Proklamasi, Menteng. Namun belum pernah ke Perpus Depok. Kalau ada perpus yang aksesible buat warlok memang mengasyikkan ya.

    BalasHapus
  5. Rapih banget perpustakaannya jadi betah ya Umma berlama-lama disana. Saya sudah lama enggak pernah ke perpustakaan umum

    BalasHapus
  6. Saya belum pernah Umm, ke Perpustakaan Depok. Ternyata lengkap juga ya, ada ruangan referensi. Cocok nih untuk para murid, mahasiswa, akademisi, dan praktisi yang butuh referensi ilmiah dari ensiklopedi, jurnal, dan lainnya ya untuk berbagai macam bahasan.

    BalasHapus
  7. Saya belum pernah ke ruang referensi sih, apakah fasilitas ini hanya ada di perpustakaan Depok atau di perpustakaan daerah lainnya?

    BalasHapus
  8. wuaaah keren ya
    kalau novel2 gitu ada gak mbak?
    soalnya dulu aku betah di perpus gara2 baca novel wkwk

    BalasHapus
  9. saya sama anak-anak termasuk yang menjadikan perpustakaan daerah jadi salah satu tempat rekreasi, boleh lah ini kalo ke rumah adik di depok insyaAllah mau mampir sini

    BalasHapus
  10. Hmm saya kayaknya belum pernah masuk ke ruang referensi perpustakaan umum yang ada di kota saya
    Kebanyakan langsung ke area buku buku non fiksi gitu

    BalasHapus