Ganti Judul dan ALt sendiri

Hijaunya Taman Apung Kelapa Dua Wetan Jakarta Timur

taman Apung jakarta Timur

Ayo siapa warga Kelapa Dua Wetan? Tentu udah tahu dengan Taman Apung kan? Kenapa sih disebut Taman Apung? Se hijau apa Taman terapung ini? Yuk kepoin petualangan Umma kali ini ke Taman Apung Kelapa Dua Wetan Ciracas Jakarta Timur.

Profil Taman Apung Kelapa Dua Wetan

Kenapa Disebut Taman Apung?

Dari pengamatan Umma disebut Taman Apung karena di taman ini ada kolam yang didalamnya ada beberapa tanaman apung seperti teratai air, kiambang dan beberapa tanaman air lainnya. Selain itu
kolam ini juga digunakan untuk resapan air saat hujan. Taman Apung memiliki kontur tanah yang berbukit sehingga model taman menurun. Jadi di penuhi dengan anak tangga.

Pada bagian bawah ada kolam ikan yang kita bisa memberi makan ikan. Ikan nya juga sangat banyak. Cukup bayar 5K untuk dua kantong plastik makanan ikan.

Alamat Taman Apung Jakarta Timur

Taman Apung beralamat di Kelapa Dua Wetan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Lokasinya sangat strategis di pinggir jalan. Tetapi akses parkir terbatas. Hanya cukup untuk 20 an motor saja.

Lokasi Taman Apung ini jika dari Jalan Baru Cilangkap adanya setelah pasar munjul. Tetapi jika dari arumdina adanya sebelum pasar munjul.

Fasilitas Taman Apung

Memasuki taman impian kita hanya melihat tempat parkir. Tidak ada tanda-tanda ada taman yang luas. Tetapi setelah melewati jalanan kita akan melihat dari atas tangga ada fasilitas yang  cukup banyak.

Playground Anak

Di area samping kiri dari pintu masuk kita akan melihat playground anak untuk balita. Perosotan lengkap dengan rumahnya. Sangat menarik dengan warna yang menarik bagi anak-anak. Di area ini dikelilingi rumput hijau dan pohon.

Taman Rumput

Dari arah playground ada tangga ke bawah yang juga dikelilingi oleh rumput dan pohon. Bisa jadi pilihan piknik bersama keluarga dengan pemandangan kolam ikan dengan tanaman apung  diatasnya dan juga rel LRT.

Gazebo

Kita juga bisa menemukan gazebo pandang di sebelah kiri. Tempat ini bisa jadi panggung untuk berbagai kegiatan. Saat Umma kesana ada kegiatan senam.

Taman Sibolang

Di samping gazebo juga ada playground anak. Bisa digunakan oleh anak usia 6 tahun ke atas. Ada satu perosotan, 4 ayunan ban dan satu ayunan besi serta satu jungkat jungkit.

Kolam Ikan

Nah di tangga paling bawah kita akan melihat kolam ikan yang cukup luas. Area dibagi beberapa. Khusus untuk tanaman apung seperti teratai. Dan area paling ujung kanan ada area ikan. Disini pengunjung terutama anak-anak bebas memberi makan ikan. Disini juga ada bebek.

Parkir dan Toilet

Disini juga ada parkir dan toilet yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Warung Kecil

Disini juga ada warung kecil di pagar taman. Seperti warga memanfaatkan pagar sebagai tempat jualan.

Taman Apung Jakarta Timur

Pengalaman Pertama Ke Taman Apung

Sebagai yang bukan warga Kelapa Dua Wetan termasuk excited menemukan taman ini. Tidak ada niat juga ke taman ini. Hanya saja kita sedang berkeliling dan melihat ada taman, anak-anak langsung teriak. "Ayo berhenti bi! Ada taman! Akhirnya abi nya berhenti dan kesinilah kita. Awalnya tidak ada tanda-tanda taman ini seindah ini. Ternyata karena kontur tanah yang berbukit jadi taman ini dirancang memanfaatkan tanah yang ada. Setiap turunan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Keren deh rancangan tamannya. Benar-benar Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Keren deh fasilitas publik yang diperuntukkan khusus untuk warga jakarta. Bisa betah nih sering kesini kalau dekat. Next kalau ada waktu pingin piknik dan camping bareng keluarga nih disini. Tapi ingat ya bagi yang bawa mobil harus pintar cari parkiran karena area parkir terbatas. Bawa peralatan piknik sendiri juga jangan lupa jaga kebersihan. Sekian cerita Umma di Taman Apung Kelapa Dua Wetan ini. Oh ya ternyata Taman ini juga dekat dengan Taman Delonix lho, tapi memang konsep beda lagi. Penasaran, bisa baca disini ya. 

Posting Komentar