Ganti Judul dan ALt sendiri

Panas Bayi Tak Kunjung Turun, Lakukan Hal Ini!

Atasi Panas Anak Tidak Turun Turun

Ayo siapa yang pernah mengalami anak bayinya panasnya nggak turun-turun selama seharian. Padahal sudah dikasih obat panas? Umma sering dan selalu kebablasan yang akhirnya harus dilarikan ke IGD. Lalu apa sih yang harus dilakukan? Yuk simak pengalaman Umma!

Indikasi Panas Tidak Turun

Oh ya ini berdasarkan pengalaman Umma ya. Bayi Umma sering sekali panas saat pagi hari dan hanya di bagian kepala. Ternyata itu panas karena mau pilek. Setelah turun pilek, si bayi kembali panas lagi dan Umma segera ke klinik kemudian adek dikasih obat panas dalam bentuk serbuk yang sudah diracik dengan obat lainnya. Karena panasnya yang tidak turun, Umma memberi obat setiap 4 jam sekali. Tapi tetap aja panasnya tidak turun. Uma khawatir karena sudah hampir 24 jam obat Paracetamol yang diminum tidak bekerja. 

Pada tengah malam akhirnya Umma bawa ke IGD Rumah sakit dan langsung ditangani.  Karena si bayi sudah lemas, bahkan saat diiinfus pun tidak menangis karena lemas. Panasnya sudah mencapai 38,5.  Setelah diinfus karena hampir beberapa hari tidak makan hanya mengandalkan ASI. Setelah infus dipasang si bayi sedikit bertenaga dan mulai menangis saat mau ambil darah untuk tes lab melihat kenapa badannya panas. Selama menunggu hasil dan setelah di lakukan X Ray pada paru-paru adek akhirnya adek dirawat sambil menunggu hasil.

Panasnya masih belum turun dan setelah koordinasi dengan dokter anak, akhirnya adek disuntikkan Paracetamol pada esok paginya. Alhamdulillah setelah Paracetamol masuk adek reda panasnya. Tapi saat malam mulai naik lagi. Setelah hasil lab keluar adek HB nya rendah sehingga membuat dia lemas dan imun tidak kuat. 

Jadi menurut keterangan dokter panas adek tidak turun karena tubuhnya yang tidak kuat melawan infeksi virus batuk dan flu. Akhirnya dia panas. 

Solusi Jika Anak Bayi  Panasnya Tidak Turun Turun

Saran dokter memang saat anak sudah panas dan tidak turun jika sudah diberikan Paracetamol dan tidak mau makan maka sebaiknya bawa ke dokter anak untuk diperiksa lebih lanjut agar bisa tahu dengan tepat penyebab panasnya. Jangan asal memberi obat karena bayi sangat sensitif dengan obat. 

Seperti adek, awalnya Umma panik karena panasnya yang tidak turun. Alhamdulillah setelah dibawa ke rumah sakit dan dilakukan perawatan adek bisa kembali beraktivitas normal seperti biasa. Sekarang PR Umma menaikkan HB adek. Karena memang dia tidak nafsu makan. Tunggu cerita Umma tentang perjuangan menaikkan HB adek bayi 10 bulan ya. 


9 komentar

  1. Bingung ya kalau panas baby ga turun2...kadang2 tau teori nya tapi pas kejadian eh malah panik jadi ga kepikiran apa yang musti dilakukan

    BalasHapus
  2. Bayi tuh sensitif banget ya, Umma. Solusinya memang harus dibawa ke dokter kalo obat enggak lagi mempan. Terimakasih banyak Umma untuk tips nya.

    BalasHapus
  3. Ceritanya mirip sama anakku, Umma. Aqlan tuh kalau panas langsung tinggi aja. Biasanya aku kasih Paracetamol dulu di rumah, kalau nggak langsung bekerja aku langsung bawa ke IGD. Ini anakku usia 3 tahun udah 3 kali rawat inap karena panasnya selalu tinggi. Takut bgt kalau anak udah panas tuh, huhu.

    BalasHapus
  4. Semoga lekas sembuh dan ceria, Adek. Setiap kali bayi sakit, ibunya jadi super khawatir ya, Umm.

    BalasHapus
  5. Bayi panas selalu membuat saya panik. Saat anak-anak masih bayi sering banget badan panas karena radang dan mau pilek, dan solusinya ya langsung ke dokter spesialis anak.

    BalasHapus
  6. sejak anak pertama kena hepatomegali karena reaksi obat, kami jadi meminimalisir penggunaan obat penurun panas, andalannya kompres air hangat dan gendong skin to skin

    BalasHapus
  7. Semoga adik bayi lekas pulih ya, membuat anak mau makan itu memang PR banget ya, segala macam dicoba untuk membuatnya makan

    BalasHapus
  8. Punya anak bayi tuh pasti sering banget berhubungan dengan anak panas demam ya. Kalau anak masih bayi tingkat panik lebih tinggi jadinya. Aku baru umur anak 3 tahun ini aja udah selow kalau mereka demam. Biasanya langsung parcet per 4 jam. Karena pengalaman pernah rawat inap anak, semoga jangan sampai terulang lagi.

    BalasHapus
  9. Aku agak trauma menyangkut hal ini karena dua kali si cikal dirawat karena DB yang tentunya panas naik turun. Dia pertama dirawat pas sembilan bulan, ya Allah, kalau ingat itu langsung lemes. Alhamdulillah sekarang anaknya sudah kelas 2 SD.

    BalasHapus