Ganti Judul dan ALt sendiri

Serunya Main di Alun-Alun Kota Bogor

Landmark Alun Alun Kota Bogor

Yeee...Senang bisa trip singkat ke Kota Bogor bareng anak-anak. Ide dadakan karena anak-anak bosan. Terus terbersit di pikiran ke Bogor saja. Searching dan ternyata alun-alun Bogor jadi pilihan. Mau tahu seperti apa sih keseruan Umma bareng anak-anak di Alun-Alun Kota Bogor. Yuk kepoin!

Profil Alun-Alun Kota Bogor

Ayo siapa yang tahu dengan sejarah Alun-alun Kota Bogor? Alun-alun yang diresmikan pada 17 Desember 2021 ini ternyata dulunya merupakan Taman Topi.  Salah satu destinasi wisata di Bogor. (Sekarang Taman Topi pindah ke Tamansari). 

Umma jadi ingat saat tahun 2018 akhir ke tempat ini. Benar dulu tempatnya sangat sibuk dengan banyak kendaraan angkot dan mobil pribadi yang bikin macet. Kemudian juga ada pasar kaget dimana banyak pedagang kaki lima berjalan sepanjang jalan menuju ke Taman Topi. Sempat mau main ke Taman Topi tapi tidak jadi karena anak-anak masih kecil dan tidak tertarik dengan permainan ditambah panas Kota Bogor dan crowdednya membuat Umma dan pak su nggak tertarik berlama-lama di Kota Bogor ini. 

Alun-Alun kota Bogor
Anak-anak bermain seru di Alun-Alun Kota Bogor 

Nah ternyata lho sebelum jadi Taman Topi , Alun-Alun Kota Bogor yang beralamat di Jl. Kapten Muslihat No.17 A, RT.04/RW.06, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat  ini pernah jadi terminal dan pada saat penjajahan Belanda jadi Taman tempat nongkrong nya noni-noni Belanda. Taman ini disebut Taman Wilhelmina (Nama Ratu Belanda pada saat itu). Setelah itu Kebon Kembang ini pada tahun 1970 berganti nama menjadi terminal tetapi tidak bertahan lama kemudian menjadi Taman Ade Irma Suryani.  Kemudian jadi Taman Topi dan kini jadi Alun-Alun Kota Bogor. Sebuah alun-alun yang luas, indah, rapi dan bersih dipandang mata. Alun-alun juga terintegrasi dengan Stasiun Bogor dan Masjid Agung. 

4 Zona Alun-Alun Kota Bogor

Jadi ada 4 Zona yang dibuat oleh Pemerintah Kota Bogor yaitu Zona Botani untuk relaksasi, Zona Olahraga untuk olahraga dan rekreasi. Zona Plaza untuk kulineran, seni dan budaya dan edukasi. Zona Religi yang terintegrasi dengan Masjid Agung. 

Alun-alun kota Bogor
Ada jogging track, alat gym outdoor, Playground anak, lapangan hijau, bangku santai di sekeliling Alun-Alun Kota Bogor 

Pengalaman Umma Main di Alun-Alun Kota Bogor

Kota Bogor Pasca Diresmikan Alun-Alun 

Yup, saat pertama kali ke Bogor setelah lama tak ke Kota Bogor via kereta. Akhirnya qodarullah bisa lagi kesini. Banyak perubahan sejak 6 tahun tidak kesana. Dulu malas kesini karena sering dipanggil-panggil tukang ojek dan angkot. Kotanya sangat macet dan crowded sekali. Tapi sekarang berbeda. Setelah keluar dari stasiun kita melihat pohon besar yang rindang dan alun-alun kota yang hijau. Indah dan tenang. Berbeda saat dulu ke Bogor.  

Aktivitas di Alun-Alun Kota Bogor 

Sebelum kita menikmati alun-alun, kami memutuskan untuk shalat di Masjid Agung dulu. Berada di area paling belakang alun-alun. Masjid terintegrasi dengan alun-alun. Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan di Alun-Alun Kota Bogor:

Olahraga

Tersedia lapangan hijau luas untuk bermain bola atau olahraga lainnya..Juga ada jogging track bagi yang ingin lari atau jalan sehat. Selain itu juga ada gym outdoor dan Playground anak.

Rekreasi

Tempat ini bisa jadi referensi liburan keluarga. Banyak sekali tempat santai disediakan disini. Mulai dari duduk di bawah pohon atau duduk di bangku-bangku yang telah disediakan. Playground anak mulai dari ayunan, perosotan bisa membuat anak betah berlama-lama di tempat ini.

Kulineran

Disini juga bisa kuliner berbagai makanan khas Bogor. Sangat mudah mendapatkan makanan disini. Di sekeliling alun-alun banyak sekali penjual makanan yang bisa dipilih. 

Wisata Edukasi  dan Keagamaan

Disini juga terdapat gedung Stasiun Bogor tempo dulu dan masih di jaga keasliannya. Bangunan lama ini jadi icon tersendiri Kota Bogor. Selain itu Masjid Agung yang terintegrasi dengan alun-alun ini juga sangat bagus dijadikan referensi. Selain bisa mengikuti berbagai kegiatan masjid, di sini juga dibangun taman hijau Asmaul Husna. 

Pusat Informasi Wisata Bogor

Di area alun-alun juga tersedia pusat informasi wisata Bogor yang dikenal dengan TIC atau Tourist Information Center. Kita bisa bertanya banyak tentang wisata kota Bogor jika ingin ekplorasi Bogor. 

Nah sekian ya cerita pengalaman Umma bermain ke Alun-Alun Kota Bogor. Tempat ini bisa jadi referensi liburan keluarga. Apalagi disaat anak-anak liburan sekolah atau akhir pekan. Jangan lupa baca juga ya cerita Umma ke Masjid Agung Kota Bogor. Selamat membaca dan semoga bermanfaat. 


Posting Komentar