Ganti Judul dan ALt sendiri

Pengalaman Jalan-Jalan Seru ke Taman Safari Puncak Bogor

Taman Safari Indonesia Puncak Bogor

Taman Safari,,, ah udah tahu kok. Dah basi .  semua orang juga dah pada tahu! Pikiran jahat menggelayuti diri Umma. Tapi kan belum semua orang tahu Pengalaman kita jalan-jalan ke Taman Safari Puncak Bogor. Oh ya ya.  . Baiklah Umma akan berbagi cerita pengalaman Umma dan anak-anak jalan-jalan ke Taman Safari di bulan Juli tahun 2023.

Taman Safari Indonesia Puncak

Siapa yang tak kenal degan Taman Safari Puncak, salah satu taman satwa terluas di Indonesia. Luas kawasan ini adalah 55 hektar di atas lahan setinggi 800 meter dpl, dengan iklim yang sejuk. Tempat ini jadi penyangga Gunung Gede Pangraro.

Alamat lengkapnya di Jalan Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau lebih dikenal dengan kawasan Puncak.

Di taman ini, terdapat satwa hidup bebas di dalam lingkungan yang mendekati habitat alaminya. Kita dapat menyaksikan dari dekat seluruh perilaku satwa liar dan jinak yang jumlahnya sekitar 2.500 ekor, seperti singa, harimau, cheetah, beruang hitam Amerika, beruang cokelat, zebra, bison, watusi, lamma, panda merah, beruang es, gajah, dan banyak lagi binatang langka lainnya.

Perjalanan kita akan diawali dengan berpetualang selama 45 menit menggunakan kendaraan anda dalam Safari Tour. Selanjutnya kita bisa menikmati lebih dari 20 wahana permainan, 7 exhibit satwa, serta 9 pertunjukan di area rekreasi. Ada air terjun dan juga puluhan tempat makan dengan berbagai pilihan cita rasa.

Tiket masuk Taman Safari Siang terbaru hingga Desember 2023 adalah dewasa Rp. 275.000 dan anak-anak Rp.245.000. Untuk informasi lengkapnya bisa klik langsung Taman Safari Indonesia ya

Oh ya jam operasional mereka untuk safari siang saat Weekday buka pukul 9 hingga setengah 6 sore sementara weekend dari jam setengah 9 hingga setengah 9.

Safari journey taman Safari Indonesia
Menunggu antrian karena banyak mobil yang berhenti memberi makanan

Pengalaman Jalan-Jalan Seru ke Taman Safari Puncak Bogor

Banyak hal yang Umma rasakan bersama anak-anak saat liburan ke Taman Safari Indonesia Puncak Bogor. Kami berangkat dari rumah pukul 7 pagi dan tidak terlalu macet. Tapi sayang ternyata plat nomer kami ganjil sehingga kami tidak bisa masuk ke kawasan puncak setelah tol karena hari itu tanggal genap. Sempat deg-deg an dan sedih gagal ke Taman Safari dan harus balik arah. Ternyata setelah diarah untuk putar balik, pak su ambil jalur alternatif yang bukan melewati jalan raya tapi jalan lain yang menyusuri rumah warga. (ceritanya pengalaman ke Puncak saat aturan ganjil genap).

Safari journey taman Safari Indonesia
Zebra dilihat dari atas mobil

Setelah melalui jalur alternatif kami sampai juga di Taman Safari Indonesia pukul 08.30.

Kami belum bisa masuk karena menunggu rombongan dari tempat kerja pak su. (Maklum kami ke taman safari karena acara Family Gathering pak su). Berhubung tiket berada di panitia sana. Akhirnya kami menunggu juga dan sudah masuk ke dalam pukul 9.30. Kami menuju gerbang masuk, periksa tiket dan masuk. Yuk kita mulai petualangan pertama di Taman Safari dengan Safari Journey.

Kita akan diajak berinteraksi dengan aneka satwa di alam. Tapi memang sedikit hectic karena kami datang saat weekend sehingga harus menjumpai antri panjang. Apalagi hampir semua mobil berhenti untuk berinteraksi dengan aneka hewan serta memberinya makan. Anak-anak sangat antusias memberikan wortel kepada binatang yang dijumpai mulai dari rusa, kuda, gajah, jerapah, zebra  dan banyak lagi. Tapi kalau di zona harimau dan singa, kita diminta untuk menutup pintu kaca mobil. Jadilah melihat di batas kaca. Setelah selesai safari journey (hampir dua jam karena sangat ramai) kita bebas memilih apa yang mau kita nikmati.

Berhubung sudah masuk waktu Zuhur kami melaksanakan sholat Zuhur terlebih dahulu, tapi terlambat karena mencari parkiran yang sudah penuh. Jadi harus terus naik ke atas sampai menemukan tempat parkir kosong. Kemudian makan siang. Ternyata waktu sudah menunjukkan pukul setengah 2. Mulai galau karena mau milih pertunjukan atau ke istana panda. Asli karena Umma memang nggak prepare dari awal tentang Taman Safari jadinya sedikit hectic. Anak-anak mau nya menikmati wahana sementara si bapak mau nya ajak ke istana panda yang viral karena pemandangannya itu. Ya sudahlah akhirnya kami memilih Istana Panda dulu. Kami akhirnya mencari parkiran dekat Halte Istana Panda. Karena menuju Istana Panda harus menggunakan bus yang sudah disediakan. (Cerita Seru ke Istana Panda Baca Ini Ya!).

Setelah ke Istana Panda, bingung juga mau kemana. Akhirnya karena sudah pukul setengah 3 kami memilih pertunjukan lumba-lumba. Penuh sekali dan kami hanya mendapatkan tempat duduk di paling atas. Meskipun kurang strategis menurut Umma, tapi apa daya. Duduk manis sebentar dan pertunjukan dimulai. Anak-anak antusias sekali. Selesai atraksi sekitar 30 menit. Tapi untuk keluar memakan waktu yang sangat lama, hampir 10 menit. Tak terasa sudah masuk waktu Ashar, sementara anak-anak masih mau main. Terutama wahana bermainnya yang banyak. Tapi pak su sudah mulai memberi sinyal, cukup sampai disini saatnya kita sholat dan pulang. Sementara anak-anak masih belum puas. Sedih sih tapi bagaimana lagi memang satu setengah jam lagi sudah tutup, emak juga dah capek harus gendong si uni dan plus lagi hamil.

Dengan berat hati Umma akhirnya menemani anak-anak mencari wahana yang mereka inginkan hanya beberapa wahana yang mereka naiki. Bahkan si Abang yang ingin main bombomcar gagal karena mesti jalan ke bawah lagi dan sudah sore. So far memang Umma dan anak-anak belum puas eksplore Taman Safari Indonesia Puncak Bogor tapi cukup sampai disini dulu petualangan kita, semoga lain waktu kesini lagi dengan perencanaan yang sedikit matang.

Pertunjukan lumba-lumba di Taman Safari Indonesia Puncak Bogor
Pertunjukan lumba-lumba

Tips dan Catatan Penting dari Umma Bagi Yang Berencana ke Taman Safari Puncak Bogor

Ya, seperti cerita Umma diatas. Umma sarankan bagi yang ingin ke Taman Safari Indonesia Puncak Bogor dan ingin tidak menyiakan kesempatan baiknya baca catatan Umma dibawah ini:

1. Rencanakan tujuan selama di Taman Safari. Ini hal penting sekali. Kan belum pernah kesana dan belum kenal apa-apa? Wah sekarang ini mah tinggal searching google, banyak sekali review baik blog maupun video. Jadikan referensi sehingga kita punya gambaran mengenai kondisi disana. Bahkan kita bisa langsung melihat akun sosial media mereka untuk informasi terupdate. Rencanakan dan sepakati dengan keluarga kemana saja kita selama disana dan ajak anak-anak juga dalam musyawarah agar mereka paham dan bisa lebih disiplin waktu. Semakin molor mereka maka akan banyak waktu habis dan makin sedikit waktu menjelajah taman safari.

2. Pastikan sudah tahu dengan aturan ganjil genap di Kawasan Puncak Bogor. Meskipun plat nomer tidak sesuai dengan jadwal jangan langsung balik arah tapi cari jalan alternatif lain.

3. Berangkatlah agak pagi agar tidak macet dan bisa jadi orang pertama yang memasuki kawasan Taman Safari dan tidak susah mencari parkiran.

4. Jika rombongan kantor, pastikan sudah memegang tiket sehari sebelum keberangkatan agar tidak menunggu.

5. Bawalah tikar, makanan dan minuman dari rumah kalau memiliki budget kecil karena hampir makanan disana mahal-mahal. Mulai dari 35k hingga 200k. Selain hemat juga sesuai selera.

6. Belilah makanan untuk binatang seperti wortel di tukang sayur dekat rumah karena beli sebelum masuk area wisata agak mahal kisaran 10k per ikat, isinya ada 5 sampai 6 buah wortel. Bedanya dengan di tukang sayur adalah lebih estetik karena daun hijau yang ada di atas wortel belum dibuang.

7. Bawalah payung, baju ganti dan popok. Ini penting sekali lho karena belum tentu baju kita atau anak kita dalam keadaan kering terus. Apalagi jika berencana main aneka wahana, menonton atraksi pertunjukan atau kehujanan atau juga anak muntah (pengalaman si Kakak muntah dan Alhamdulillah bawa baju ganti). Begitupun popok bawalah dalam jumlah lebih.

8. Bawalah stroller jika memungkinkan karena akan membantu kita yang memiliki anak yang harus digendong.

Nah sekian ya cerita pengalaman Umma jalan-jalan ke Taman Safari. Meskipun masih banyak yang belum kami eksplorasi tapi alhamdulillah jadi kenangan berharga bagi anak-anak. Semoga mengedukasi mereka mengenai satwa dan tempat tinggal terbaik mereka. Dan bisa semoga lain waktu bisa menginap di Royal Safari Resort atau Safari Lodge Hotel. Aamiiin. Masya Allah.