Ganti Judul dan ALt sendiri

Sholat di Masjid At Thohir Podomoro Golf View Cimanggis Depok

Arsitektur Masjid Raya At Thohir Cimanggis Depok

Masjid At Thohir, sudah lama Umma mendengar tentang mesjid ini. Sejak diresmikan banyak sekali para tetangga yang datang dan posting sedang berada disana. Qodarullah akhir pekan kemaren karena ada urusan daerah sana dan sudah masuk waktu Ashar kita akhirnya sholat di Masjid ini. Yuk kita bahas Masjid At Thohir ini!

Profil Masjid Raya At Thohir 

Masjid Raya At Thohir diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu, 9 Maret 2022. Masjid yang dibangun sebagai bukti cinta Erick Thohir (Menteri BUMN periode 2019-2024) dan keluarganya kepada ayahanda tercinta Thohir yang meninggal pada tahun 2016. 

Sebelumnya keluarga Thohir juga membangun Masjid At Thohir di Los Angeles Amerika Serikat. 

Arsitektur Masjid At Thohir

Masjid Megah di Depok

Masjid seluas 2,8 hektar ini bergaya Timur Tengah dengan nuansa putih. Terdapat beberapa kubah yang secara filosofi menurut Erick Thohir melambangkan anggota keluarga mereka mulai dari Ayah, Anak dan Cucu. Menara dan kubahnya menjulang tinggi membuat masjid ini pantas memiliki gaya klasik modern. 

Memasuki masjid ini kita akan merasakan nuansa tenang dengan pilihan warna putih. Terdapat ruang utama sholat dengan kapasitas jamaah 3500 jamaah, tempat wudhu yang sangat bersih, tempat penitipan barang, peminjaman mukena, ruang staf bahkan ada ruang untuk menyusui (nursery room) yang berada sejajar tempat wudhu. 

Suasana Malam Masjid At Thohir Depok
Penampakan pada malam hari, lampu akan berubah warna (Source: Instagram)

Bahkan disini juga dibuka kelas Taman Pendidikan Al-Qur'an untuk anak-anak. Selain itu masjid ini jadi salah satu referensi bagi yang mengadakan acara pernikahan. 

Tak hanya daya tarik lain masjid ini adalah lampu-lampu berubah warna. Tapi sayang hanya bisa dinikmati pada malam hari. Lampu akan menghiasi seluruh bangunan masjid ada warna merah, hijau, kuning dan warna lainnya. 

Alamat Menuju Masjid At Thohir Podomoro Golf View Cimanggis Depok 

Masjid ini berada di kawasan perumahan Podomoro Golf View Jl. Mochamad Thohir, Rt. 01 Rw. 12 Tapos, Kota Depok, Jawa Barat 16457 (Exit tol Jagorawi Cimanggis Cikeas. Akses menuju lokasi sangat mudah sekali. 

Alamat Masjid At Thohir Podomoro Golf View

Pengalaman Umma Sholat di Masjid At Thohir 

Bicara perasaan Umma saat pertama kali mengunjungi Masjid ini, excited sekali dengan bangunannya yang terlihat sangat minimalis dengan suasana putih. Megah sekali, apalagi berdampingan dengan dua gedung tinggi. Masjidnya semakin berbaur dengan beradaban modern. 

Umma bersama anak-anak persis datang saat azan Ashar dikumandangkan. Suara muadzin sangat tenang sekali sehingga membuat suasana hati menjadi nyaman sembari menjawab sahutan azan. 

Umma berjalan menuju lobby masjid, Umma perhatikan banyak sekali jamaah yang datang dengan tujuan destinasi religi. Terlihat mereka mengambil gambar dari berbagai sudut. 

Di depan lobby ada rak kayu untuk penitipan sandal. Kemudian kita menuju beberapa anak tangga setelah itu ada pelataran teras untuk jamaah yang ingin istirahat sejenak. 

Di sebelah kiri dan kanan ada tangga menuju tempat wudhu wanita dan pria. Umma dan anak-anak langsung ke bawah untuk mengambil wudhu. Sedikit antri tapi tidak terlalu ramai. Tempatnya sangat bersih dan wangi. 

Setelah wudhu, Umma menuju ruang utama sholat. Tidak ada sekat hijab yang tunggu antara jamaah laki-laki dan wanita. Hanya sekat setinggi lutut orang dewasa saja berjejer rapi yang dilengkapi dengan mushaf Alquran. 

Pendiri Masjid At Thohir Depok
Mobil operasional Masjid At Thohir 

Kesan pertama masuk ke ruang utama masjid, terlihat kesan modern dan minimalis dengan nuansa putih. Sangat adem sekali. Umma tidak menemukan karpet di masjid ini. 

Bagian atas masjid terlihat lampu besar yang sangat modern dengan kesan minimalis. 

So far mengunjungi Masjid At Thohir jadi pengalaman tersendiri bagi Umma dan anak-anak. Terekam jelas di benak Umma dan anak-anak bagaimana megahnya masjid ini dengan nuansa putih yang sangat menyejukkan mata. 

Bagaimana pertama kali sahabat Umma melihat Masjid Raya At Thohir ini? Atau sudah pernah ke masjid ini? Sharing ya di kolom komentar!

 








Posting Komentar