Ganti Judul dan ALt sendiri

Rekomendasi Tempat Makan Lokal Legendaris di Bukittinggi

Tempat makan keluarga di Bukittinggi

Rekomendasi tempat makan lokal di Bukittinggi? Wah Umma langsung berpikir sangat keras. Secara jarang banget makan di luar, selain ribet karena pakai cadar juga terlalu repot dengan banyak pasukan. Tapi jangan berpikir Umma nggak pernah makan di luar ya, sering juga sih tapi di luar rumah.

Ups kembali ke topik awal, sebelum menikah Umma juga sering banget makan di luar dan kehidupan waktu gadis banyaknya di kampung halaman jadi Umma hanya baru bisa merekomendasikan tempat makan lokal di kampung halaman tercinta.

Kuliner Bukittinggi Legendaris Sepanjang Masa

Bukittinggi salah satu kota di Dataran Tinggi Sumatera Barat. Dua jam perjalanan dari ibukota Padang Sumatera Barat. Jika kita berkunjung menggunakan pesawat kita akan melewati jalanan yang sangat indah, sawah, pohon kelapa, hutan bukit barisan, tanjakan viral Sitinjau Lauik, Air Terjun Lembah Anai, Padang Panjang, Koto Baru, Padang Lua, Jambu Air dan akhirnya sampailah di Kota Jam Gadang. 

Kota yang terkenal dengan wisata alamnya Ngarai Sianok, Panorama, Jembatan Limpapeh dan banyak lagi. Tak hanya terkenal dengan alamnya tempat ini juga memiliki beberapa destinasi kuliner lokal yang tidak kalau menarik untuk kita kunjungi. 

Nah, kali ini Umma mau membahas mengenai rekomendasi tempat makan lokal legendaris di Bukittinggi. Apa saja ya? (Sambil mikir keras).

Wah bicara legendaris rasanya Umma berlebihan nggak ya? Hanya saja memang jika kita berkunjung ke Bukittinggi dan ketika bertanya tentang wisata kuliner khas Bukittinggi maka masyarakat lokal spontan menyebut beberapa nama yang memang sudah terkenal di Jam Gadang. 

Tak sulit sebenarnya menemukan tempat lokal legendaris tersebut. Tapi alangkah baiknya jika berkunjung ke Bukittinggi memiliki teman asli sana, agar tidak menemukan bernama hal yang tidak diinginkan. (Saran Umma). 

Oh ya balik lagi ke Kuliner legendaris yang paling terkenal di Bukittinggi adalah Gulai Kapau, Cancang, Ampiang Dadiah, Sambalado Tanak, Anyang Daruak dan banyak lagi.

Banyak sebenarnya tempat kuliner legendaris tersebut tetapi Umma hanya bisa merekomendasikan 5 tempat Legendaris versi Umma. 

Rekomendasi Tempat Makan Lokal di Bukittinggi

Bukittinggi sangat terkenal dengan kota dingin dengan icon Jam Gadangnya. Selain wisata alam di kota ini juga terkenal dengan wisata kulinernya yang sangat banyak. Bahkan tidak sulit menemukan tempat makan yang menyediakan menu khas Bukittinggi.

Seperti gulai Itiak lado Mudo, sambalado, randang, dendeng batokok, ayam pop, Pical, lotek, gulai Kapau dan banyak lagi menu khas Bukittinggi yang bisa dicoba. Berikut rekomendasi tempat makan lokal yang bisa dikunjungi.

1. Los Lambuang Pasa Lereng

Los Lambuang Pasa Lereng 

Tempat ini termasuk yang paling sering Umma kunjungi. Tak jauh dari Jam Gadang, hanya berjalan beberapa meter saja kita sudah bisa menikmati berbagai pilihan kuliner khas Jam Gadang ini.

Mulai dari Nasi Kapau, Lotek, Pical dan Katupek Pitalah. Semua tersedia dan yang harga makanan Pasa Lambuang juga sangat terjangkau.

2. Tempat Makan Lokal Bukittinggi:  Simpang Raya Lapangan Kantin

Simpang Raya Lapangan Kantin

Tempat ini termasuk yang sangat terkenal sekali dan sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Cita rasa masakan juga sangat enak dan khas Nasi Padang sekali. Jika musim lebaran, tempat ini tidak pernah sepi. Menu yang paling banyak peminat adalah ayam pop, randang, cancang dan juga tunjang.

Alamat: Jl. Sudirman No.8, Tarok Dipo, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat
Jam Buka: 05.30 – 00.00
No Telp: (0752) 22163

3. Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai


Ini salah satu kuliner paling Umma suka. Dagingnya empuk dan cabe hijaunya benar-benar lezat sekali. Bahkan berpiringpun enak sekali untuk kita santap.
Gulai Itiak lado Mudo (Gulai bebek cabe hijau) ini memang khas nagari Ngarai Sianok Bukittinggi.

Menu satu ini sangat nikmat meski hanya makan berteman nasi. Satu porsi nasi dan gulai Itiak biasanya Rp. 30.000. Selain gulai Itiak juga ada menu lokal lainnya. Tempatnya juga enak dan dingin.

Gulai Itiak  Lado Mudo 

Alamat: Jl. Binuang No.41, Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat
Jam Buka: 10.00 – 17.00
No Telp: (0752) 35574


4. Nasi Kapau Uni Cah

Ups, siapa yang tidak kenal dengan Restauran satu ini. Nasi Kapau Uni Cah ini benar-benar menyajikan menu lokal yang sangat khas. Bahkan bumbunya diracik sendiri.


Alamat: Jalan Raya Padang Luar No.KM 4, Ladang Laweh, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumatera Barat
Jam Buka: 09.00 – 21.00
No Telp: (0752) 628700

5. Sate Mak Aciak

Nah, ini salah satu favorit Umma. Makanan khas Minang satu ini benar-benar enak sekali. Tak pernah bosan menyantap menu satu ini.


Rasa daging dan kuahnya sangat enak sekali. Selain makan dengan ketupat, sate Mak Aciak juga punya pilihan makan dengan nasi. Sate legendaris satu ini memang recommended jika berkunjung ke Bukittinggi.

Sate Mak Aciak Sabana Lamak

Alamat: Jl. By Pass, Pulai Anak Air, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat
Jam Buka: 11.00 – 21.00

6. Soto Hj. Minah

Umma sangat suka dengan menu berkuah salah satunya soto Haji Minah. Soto ini termasuk legendaris karena sejak kecil, Umma sering sekali diajak kesini. Soto nya selalu bikin kangen. 

Tempat makan keluarga di Bukittinggi
Palanta Soto H Minah

Tak hanya soto, nasi goreng juga enak sama gado-gadonya enak sekali, sambal kacangnya benar-benar khas bumbunya. Belum lagi rasa Mie Tahu nya benar-benar enak. Ah jadi kangen ke kampung menikmati kulinernya. 

Itulah 6 rekomendasi tempat makan lokal yang bisa Umma sharing. Jika berkunjung ke Bukittinggi tidak ada salahnya mencoba kuliner ini langsung di tempatnya. Dijamin tidak akan sulit menemukan lokasinya. Karena legendaris jadi sudah banyak yang kenal.

Semoga bermanfaat yang teman-teman. Bagaimana apa teman-teman sudah pernah mencoba menu khas Bukittinggi ini. Atau juga pernah barangkali berkunjung langsung ketempat ini? Sharing ya di kolom komentar. 

 

 

 

 

 

Posting Komentar